PENGERTIAN INTERNET DAN E-BUSINESS


INTERNET DAN E-BUSINESS
       Internet adalah suatu media maya yang memungkinkan seseorang untuk dapat berkomunikasi dan saling berhubungan antar satu sama lain untuk melakukan berbagai macam aktivitas elektronik seperti halnya aktifitas bisnis dan lain sebagainya.
  
      Menurut O’Brien, e-business didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis,  memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunikasi serta kolaborasi dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis yang lain.E-business merupakan suatu  aktivitas bisnis yang memanfaatkan teknologi internet sebagai penghubung untuk melaksanakan bisnis tersebut.

A. Sistem Bisnis Internal
Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses dan bisnis secara internal.
Melalui sistem ini dapat dilakukan beberapa hal, seperti pemantauan aktivitas dalam perusahaan,  
pengendalian proses, pemrosesan transaksi secara internal, dan juga dapat digunakan
sebagai sistem pendukung menajemen.
Untuk mendukung sistem bisnis internal, maka dibutuhkan portal perusahaan, yaitu sarana
informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan tersebut.

B. Perdagangan Elektronis (E-Commerce)
E-commerce (Electronic Commerce) atau dalam bahasa indonesia dapat diistilah sebagai perdagangan elektronik adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.

Manfaat – manfaat yang diharapkan dari E-commerce adalah :
  1.   Perusahaan melakukan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan
  2.   Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama.
  3.   Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama dan setelah penjualan.
JENIS-JENIS E-COMMERCE ADALAH :
  1. Business to Business (B2B)
  2. Business to Consumer (B2C)
  3. Consumer to Consumer (C2C)
  4. Consumer to Business (C2B)

Comments

Post a Comment

Popular Posts