B2B (BUSINESS TO BUSINESS)




(B2B) Business to Business
Business to Business (B2B) merupakan suatu bisnis yang menyatakan bentuk jual-
beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau lebih perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa B2B merupakan transaksi yang dilakukan antar perusahaan.
Transaksi yang dilakukan pada B2B menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi.

EDI itu sendiri adalah singkatan dari Electronic Data Interchange yang merupakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan / instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati oleh pihak terkait.

Manfaat dan Keunggulan Layanan B2B
  1. Hemat waktu dan praktis Menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk atau daftar kategori produk umum Kawan Lama yang lainnya.
  2. Efektif dan efisien Pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
  3. Keuntungannya besar Mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
  4. Kerahasiaannya aman dan terjamin Sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
  5. Transaksi yang transparan Layanan ini mendukung good corporate governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui e-mail notifikasi kepada buyer (bagian purchasing) atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut di perusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahan terhadap proses transaksi.
  6. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli
  7. Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi wiayah grafis
  8. Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli.
  9. Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak. 

 Beberapa Karakteristik B2B adalah:
a.      Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).

b.     Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.

c.   Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu partnernya.
d.  Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
 
Contoh website yang memberikan layanan B2B:
1. www.Alibaba.com
2. www.Krakatausteel.com
3. www.Made-in-china.com
4. www.Ecrobot.com
5. www.Foreign-trade.com


Contoh tampilan layanan B2B pada website www.Alibaba.com :
 
Contoh tampilan layanan B2B pada website www.Krakatausteel.com :

Contoh tampilan layanan B2B pada website www.Ecrobot.com :


Sumber :
Buku: Sistem Informasi Manajemen, karangan: McLeod Raymond,P.Schell George, 
http://onederetrun.blogspot.com
http://derykuninganasri.blogspot.com/

Comments

Post a Comment

Popular Posts